PSHT PENCAK SILAT TER BESAR DI INDONESIA


PSHT MENUJU SATU ABAD SEMAKIN BERKEMBANG PESAT

Rabu 14 Juli 2021 Jakarta. Jejakperkara .com Indonesia merupakan suatu negara yang memiliki beragam aneka suku adat dan budaya di Indonesia kurang lebih mempunyai suku 1.128 berdasarkan data dari badan pustaka  statistik [BPS] yang memiliki karakter masing masing setiap sukunya seperti mempunyai rumah adat,pakaian adat,tarian daerah,yang mempunyai ciri khas setiap daerah nya seperti daerah yang mempunyai julukan yang terkenal di kalangan nya.

Seperti daerah Jawa Timur madiun yang mendapat julukan KAMPUNG PESILAT yang terdapat 14 perguruan pencak silat di kabupaten madiun salah satunya yang kita bahas yaitu,satu [1] perguruan pencak silat yang fenomenal di kalangan masyarakat atau manca negara  ya itu Persaudaraan Setia Hati Terate [PSHT]

 Persaudaraan Setia Hati Terate [PSHT] merupakan organisasi pencak silat atau olahraga yang didirikan oleh KI HADJAR HARDJO OETOMO dengan tahun 1922 dengan kantor pusat Jalan Merak. no.10 Nambangan kidul ,kec Mangun harjo kota Madiun jawa timur 63128.

kota Madiun selain dikenal dengan kampung pesilat dan mempunyai julukan sebagai kota pecel kampung nya para pendekar yang di mana setiap kampung nya atau wilayah memiliki dan mengikuti pencak silat masing masing bahkan hampir setiap orang memiliki beladiri pencak silat di madiun,

mengenal pencak silat yang satu ini psht sampai saat ini paling banyak pengikut nya dari kalangan anak remaja, dewasa, bahkan yang tua. sampai sekarang warga psht di seluruh indonesia mencapai kira kira 50 [limapuluh juta] warga  tersebar. di Indonesia  kurang lebih 297 cabang di indonesia  bahkan manca negara pun mempunyai dan mengikuti pencak silat ini psht seperti dengan cabang luar negeri, Korea,Taiwan, Hongkong, Malaysia, Korsel,dan Australia dan sampai saat ini masih bertambah.

dengan banyak nya anggota psht pun mempunyai struktur yaitu:

DKP MADIUN ATAU DAERAH KHUSUS PUSAT MADIUN

MAJELIS LUHUR ATAU DEWAN PUSAT

YAYASAN SETIA HATI TERATE 

DEWAN HARKAT MARTABAT

PENGURUS PUSAT

PERWAKILAN PUSAT

CABANG/CABANG KHUSUS

PENGURUS RANTING/KOMISARIAT

RAYON/SUB RAYON

Dengan terstruktur nya maka psht mudah untuk berkembang di mana pun  seperti di kota desa maupun di pelosok jadi sangat mudah menemukan latihan pencak silat ini karena kita ketahui dengan belajar pencak silat kita minimal bisa melindungi diri dari kejahatan yang menyerang kita psht juga merupakan pencak silat yang dijuluki semur ireng [SEMUT HITAM] semut adalah binatang yang kecil dan lemah namun perlu di ketahui  semut merupakan mahluk kecil yang ber koloni atau berkelompok yang sangt menjunjung kebersamaan membantu sama lain hingga menjadi kuat walau pun kecil. seperti hal nya psht mempunyai Persaudaraan yang sangat erat dengan khusus nya sesama warga psht seperti saudara kandung itulah julukan semut ireng persaudaraan yang kuat.

psht mempunyai silsilah kepemimpinan dari masa ke masa  atau tahun sejak tahun 1922 yaitu:

KI HADJAR Hardjo oetomo mulai tahun 1922 sampai dengan 1948

Kang mas RM.SOETOMO mangkoedjojo 1948 sampai dengan  1956

Kang mas M.IRSAD 1956 sampai dengan 1958

Kang mas SANTOSO1958 sampai dengan 1962

Kang mas RM.SOETOMOMANGKOEDJOJO 1962 sampai dengan 1974

Kang mas  RM.IMAMKOESOEPANGAT 1974 sampai dengan 1977 

Kang mas BADINI ,1977 sampai dengan 1981

Kang mas TARMAJDI Boedi Harsono 1981 sampai dengan 2014

Kang mas  Richard Simorangkir [PLT]2014 sampai dengan 2014

Kang mas Arif Suryono [PLT]2014sampai dengan 2016

KANG MAS M. TAUFIK, 2016 sampai dengan 2017

KANG MAS R.MOERDJOKO HW. 2017 sampai dengan sekarang.

sampai sekarang psht masih eksis yang di pimpin atau ketua umum adalah kang mas Drs R moerdjoko hw.melalui parluh atau [perapatan luhur] tanggal 13/14 tahun 2021 yang di lakukan seluruh cabang psht se Indonesia di gelar secara virtual mengingat pada musim virus pan demi covid 19 [corona] dari 343 cabang yang dilaksanakan di padepokan agung psht pusat madiun jalan merak no 10/17 dan di gedung graha Kridha  budaya dan di jaga ketat oleh aparat gabungan TNI,POLRI dengan menjaga protokol kesehatan.hingga sampai sekarang psht yang berkedudukan di padepokan agung psht dengan pemimpin

 ketua umum kang mas Drs R. MOERDJOKO HW. dan ketua dewan pusat kang mas H .ISSOEBIANTORO SH yang bertempat di pusat Madiun jalan merak nomer 10.

Salam persaudaraan PSHT jaya

Jangn lupa komen dan ikuti kami

Terimakasih 🙏🏼






3 komentar untuk "PSHT PENCAK SILAT TER BESAR DI INDONESIA"